Kunjungan Kerja Tim BBGP Sulsel ke Kabupaten Pinrang

Muhammad Wildan
Kategori Berita: Merdeka Belajar 01 Agustus 2022 | Dibaca 55x Diposting oleh: Muhammad Wildan

Kunjungan Kerja Tim BBGP Sulsel ke Kabupaten Pinrang

Dalam rangka untuk mendorong dan mensukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka di Bumi Lasinrang Kabupaten Pinrang, pada Senin 1 Agustus 2022, Tim dari Balai Besar Guru Pengggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan silaturrahmi dan kunjungan kerja dipimpin oleh Kabag Umum BBGP Sulsel (Drs. Harisman).

Kunjungan kerja terasa sangat istimewa karena  diterima langsung oleh Bupati Pinrang (H. Andi Irwan Hamid) dan Sekretaris Daerah sekaligus PLT Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pinrang   (Ir. H. Andi Budaya) yang didampingi oleh seluruh pejabat yang terkait dengan bidang pendidikan, diantaranya Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Muzakkir, S.Pd.,M.Pd), Kabid GTK (Hasrijal, S.Pd.,M.Pd), Kabid Dikdas (Muchtar, SE.,M.Si), Kepala Seksi Kurikulum (Andi Anggeriani) dan Kepala Seksi Ketenagaan Dikdas (Andi Deliana Suyuti).

Pertemuan yang berlangsung di ruang Bupati tersebut berlangsung sangat cair dan produktif.  Banyak hal yang mengemuka dan menjadi topik bahasan menarik antara Tim Pemda Kabupaten Pinrang dengan Tim Kunker BBGP Sulsel berkenaan dengan optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM)  sebagai salah satu skema yang dikembangkan oleh Kemdikbudristek yang berbasis teknologi dalam upaya mendorong implementasi kurikulum merdeka  di seluruh pelosok nusantara.

Dalam diskusi tersebut, Sekdin Dikbud Pinrang menyampaikan kepada Bupati terkait perlunya penajaman peran pengawas agar tidak bertabrakan dengan peran kepala sekolah serta kondisi rasio jumlah pengawas yang belum seimbang dengan jumlah sekolah yang ada sehingga perlu adanya kebijakan penataan dan pemerataan yang dapat menjangkau semua  kecamatan termasuk yang berada di wilayah yang jauh dan sulit terjangkau sehingga semua sekolah mendapatkan kesempatan untuk bertransformasi melalui sekolah penggerak dan IKM jalur mandiri.

Di akhir pertemuan tersebut, Bupati Pinrang kembali mempertegas  komitmennya untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Merdeka Belajar dari Kemdikbud Ristek RI  melalui implementasi kurikulum merdeka, baik yang dilakukan oleh sekolah penggerak yang saat ini sudah melakukan berbagai kegiatan pengimbasan maupun yang dilakukan oleh satuan pendidikan yang memilih IKM jalur mandiri.

Dari Kantor Bupati Pinrang, Tim  BBGP Sulsel kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke  SMP Negeri 2 Pinrang sebagai sekolah yang memilih IKM jalur mandiri pada level mandiri berubah dan ke SD Negeri 8 Pinrang yang telah berstatus sebagai sekolah penggerak.  Pada dua  sekolah yang dikunjungi tersebut juga berjalan lancar dan  disambut antusias oleh pihak sekolah yang terlihat pada saat berlangsung diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Kepala Bidang GTK Dikbud, Hasrijal, S.Pd.,M.Pd.

Seluruh pertanyaan dari peserta dijawab secara komprehensif oleh Kabag Tata usaha BBGP Sulsel  (Drs. Harisman) dan Ketua Tim Kunker BBGP Sulsel Kab. Pinrang  (Sainal Abidin, SH.,MH).

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh unsur internal dari sekolah yang dikunjungi tetapi juga dihadiri oleh koordinator pengawas,  beberapa guru penggerak dan Fasilitator Guru Penggerak kabupaten Pinrang. 


(Sumber Berita: Sainal Abidin, SH.,MH)

Muhammad Wildan
Kategori Berita: Merdeka Belajar 01 Agustus 2022 | Dibaca 55x Diposting oleh: Muhammad Wildan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔14 Juli 2022

    Temu Koordinasi Kemitraan dalam Rangka Peningkatan Mutu GTK Disdik Kota Makassar

  • Agenda
    🕔14 Juli 2022

    Bimtek Pelaksanaan Assesmen Diagnostik pada Satuan Pendidikan Pelaksana IKM Mandiri di Kab./Kota

  • Agenda
    🕔04 Juli 2022

    Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

  • Agenda
    🕔25 Juni 2022

    Sosialisasi Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Pembelajaran

  • Agenda
    🕔22 Juni 2022

    Refleksi Kegiatan Refleksi Implementasi Program PSP dan Digitalisasi Sekolah di Kab./Kota se Provinsi Sulawesi Selatan

Selengkapnya