Model Penyelenggaraan Paket C Vokasi 2015
[ Download Lampiran ]
Pendidikan
Nonformal sebagai bagian dari sistem pendidikan Nasional, memiliki peran dalam
rangka pengembangan dan implementasi pendidikan sepanjang hayat (lifelong education). Pendidikan Nonformal berupaya meningkatkan
pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat berjenjang dan
berstruktur dengan sistem yang luwes, fungsional dan mengembangkan kecakapan
hidup untuk belajar sepanjang hayat.
Cakupan
program pendidikan nonformal sangat luas dan beragam, salah satu diantaranya
adalah Pendidikan Kesetaraan melalui Program Paket A setara SD, Paket B Setara
SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA, diharapkan tidak hanya menjadi pilihan
kedua, tetapi programnya harus mampu menjawab kebutuhan pendidikan masyarakat
dengan keluwesan dan kemudahan pengelolaannya. Pada sisi lain pendidikan
kesetaraan diharapkan berfungsi ganda yakni mampu membekali sikap vokasional
bagi masyarakat sasaran yang umumnya memiliki daya saing yang masih rendah
dalam merebut peluang kerja dan usaha.
Penyelenggaraan
Paket C yang dilaksanakan dewasa ini belum menjamin outputnya untuk memperoleh
keterampilan yang diharapkan dapat menjadi bekal untuk hidup mandiri karena
beberapa faktor, antara lain materi pembelajaran yang bermuatan keterampilan
dalam kurikulum masih sangat terbatas ditinjau dari segi alokasi waktu dan beban belajar, belum adanya uji
kompetensi keterampilan yang diperoleh warga belajar, pada umumnya nara sumber
teknis yang direkrut oleh penyelenggara kurang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan,
kurangnya motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dari awal sampai mahir karena keterampilan
yang dipelajari belum maksimal dilaksanakan dalam program pembelajaran kearah
penguasaan kecakapan vokasional.
Hasil
analisis kebutuhan belajar masyarakat yang di inginkan berdasarkan hasil
identifikasi dilapangan adalah keterampilan elektronik dan berbagai
keterampilan lainnya. Namun setelah dianalisis daya dukung kelembagaan dan
peluang kemitraan dengan lembaga lain maka program pendidikan kesetaraan Paket
C yang paling berpotensi untuk dilaksanakan adalah Program Kesetaraan Paket C
Vokasi kelistrikan. Vokasi kelistrikan yang dimaksud disini adalah elektro dan
elektronik. Elektro (arus kuat) dalam hal pemasangan instalasi listrik
sederhana seperti pemasangan lampu, sedangkan elektronik (arus lemah) service
alat rumah tangga sederhana
sesuai kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu maka perlu pengembangan program
yang lebih inovatif agar menghasilkan suatu model yang efektif dan efisien.