Model Penyelenggaraan Paket C Vokasi 2015




[ Download Lampiran ]


Pendidikan Nonformal sebagai bagian dari sistem pendidikan Nasional, memiliki peran dalam rangka pengembangan dan implementasi pendidikan sepanjang hayat (lifelong education).   Pendidikan Nonformal berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat berjenjang dan berstruktur dengan sistem yang luwes, fungsional dan mengembangkan kecakapan hidup untuk belajar sepanjang hayat.

Cakupan program pendidikan nonformal sangat luas dan beragam, salah satu diantaranya adalah Pendidikan Kesetaraan melalui Program Paket A setara SD, Paket B Setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA, diharapkan tidak hanya menjadi pilihan kedua, tetapi programnya harus mampu menjawab kebutuhan pendidikan masyarakat dengan keluwesan dan kemudahan pengelolaannya. Pada sisi lain pendidikan kesetaraan diharapkan berfungsi ganda yakni mampu membekali sikap vokasional bagi masyarakat sasaran yang umumnya memiliki daya saing yang masih rendah dalam merebut peluang kerja dan usaha.  

Penyelenggaraan Paket C yang dilaksanakan dewasa ini belum menjamin outputnya untuk memperoleh keterampilan yang diharapkan dapat menjadi bekal untuk hidup mandiri karena beberapa faktor, antara lain materi pembelajaran yang bermuatan keterampilan dalam kurikulum masih sangat terbatas ditinjau dari segi alokasi waktu  dan beban belajar, belum adanya uji kompetensi keterampilan yang diperoleh warga belajar, pada umumnya nara sumber teknis yang direkrut oleh penyelenggara kurang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan, kurangnya motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran  dari awal sampai mahir karena keterampilan yang dipelajari belum maksimal dilaksanakan dalam program pembelajaran kearah penguasaan kecakapan vokasional.
 

Hasil analisis kebutuhan belajar masyarakat yang di inginkan berdasarkan hasil identifikasi dilapangan adalah keterampilan elektronik dan berbagai keterampilan lainnya. Namun setelah dianalisis daya dukung kelembagaan dan peluang kemitraan dengan lembaga lain maka program pendidikan kesetaraan Paket C yang paling berpotensi untuk dilaksanakan adalah Program Kesetaraan Paket C Vokasi kelistrikan. Vokasi kelistrikan yang dimaksud disini adalah elektro dan elektronik. Elektro (arus kuat) dalam hal pemasangan instalasi listrik sederhana seperti pemasangan lampu, sedangkan elektronik (arus lemah) service alat rumah tangga sederhana sesuai kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu maka perlu pengembangan program yang lebih inovatif agar menghasilkan suatu model yang efektif dan efisien.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔14 Juli 2022

    Bimtek Pelaksanaan Assesmen Diagnostik pada Satuan Pendidikan Pelaksana IKM Mandiri di Kab./Kota

  • Agenda
    🕔04 Juli 2022

    Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

  • Agenda
    🕔25 Juni 2022

    Sosialisasi Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Pembelajaran

  • Agenda
    🕔22 Juni 2022

    Refleksi Kegiatan Refleksi Implementasi Program PSP dan Digitalisasi Sekolah di Kab./Kota se Provinsi Sulawesi Selatan

  • Agenda
    🕔28 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

Selengkapnya